Tempat Wisata Bersejarah di Bandung

Bandung - Selain karena keindahan alam, wisata belanja, dan wisata kulinernya, Bandung juga dikenal karena termasuk kota besar dengan banyak sejarah di dalamnya. Tidak heran jika banyak pula pecinta sejarah yang melakukan perjalanan wisata histori di kota yang satu ini. Nah, jika Anda juga termasuk pecinta sejarah, jangan lewatkan empat destinasi wisata sejarah berikut ini.

Museum KAA
Museum yang satu ini dikenal karena merupakan salah satu peninggalan dan bukti sejarah bahwa Bandung pernah menjadi tempat diselenggarakannya konferensi Asia Afrika. Museum ini berada di Jalan Asia Afrika No. 56 Bandung yang berdekatan dengan Gedung Merdeka. Hal ini disebabkan oleh Museum KAA ini merupakan bagian dari gedung utama Gedung Merdeka. Museum Konferensi Asia Afrika ini didirikan sebagai lambang sekaligus cara masyarakat Kota Bandung mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada 18 April 1955.


Rekam jejak peristiwa Konferensi Asia Afrika dapat dilihat di sini, baik dalam bentuk bacaan maupun dalam bentuk replika diorama. Beberapa miniatur patung, koleksi foto, berita koran, dan rekaman perbincangan selama konferensi berlangsung bisa disaksikan di museum ini. Tidak mau kan melewatkan peristiwa penting? Jadi, jangan lupa kunjungi Museum Konferensi Asia Afrika ini ya!



Museum Geologi


Tempat bernilai sejarah lain yang bisa Anda kunjungi saat ke Kota Bandung adalah Museum Geologi yang didirikan pada 16 Mei 1928. Museum ini pernah mengalami masa vakum karena direnovasi. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena pada 23 Agustus 2000, museum tersebut dibuka kembali oleh Megawati Soekarnoputri. Museum ini berada di Jalan Diponegoro No. 57 Bandung dan pada awalnya berfungsi sebagai laboratorium serta tempat penyimpanan berbagai hasil penelitian geologi. Namun dalam perkembangannya, museum ini dijadikan sebagai wadah penelitian sekaligus sarana pendidikan berkenaan dengan geologi.

Beragam informasi mengenai fosil, bebatuan, mineral, dan benda-benda yang berkaitan dengan geologi menjadi tujuan wisata sebagian banyak wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal. Selain belajar tentang hal-hal yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan bencana alam serta bagaimana cara mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam serta sumber daya energi yang baik.

Museum Pos Indonesia



Museum selanjutnya yang dapat Anda kunjungi saat ke Kota Bandung adalah Museum Pos Indonesia. Museum sejarah ini berisi tentang sejarah berdirinya Pos Indonesia serta beragam informasi yang berkaitan dengan peristiwa tersebut, seperti halnya sejarah surat-menyurat dan berbagai macam koleksi perangko.



Beraneka ragam koleksi perangko di seluruh negara di dunia dipamerkan di museum yang didirikan pada 1933 ini. Berdasarkan informasinya, perangko-perangko tersebut berasal dari 178 negara dan semuanya berjumlah lima puluh ribu perangko.

Selain koleksi benda-benda yang berhubungan dengan Pos Indonesia, museum ini juga memajang berbagai buku serta memamerkan diorama tentang bagaimana kegiatan Pos Indonesia berlangsung. Untuk mengunjungi museum dengan bangunan bergaya arsitektur Italia ini, Anda bisa langsung menuju ke Jalan Cilaki No. 73 Cihapit.

Museum Sri Baduga



Museum yang satu ini sangat cocok bagi Anda pecinta sejarah dan budaya. Museum ini didirikan pada 1974 dengan mengusung konsep bangunan khas Jawa Barat yang dipadu arsitektur modern. Museum ini terletak di Jalan BKR No. 185 Bandung dan merupakan tempat kumpulan koleksi sejarah alam Jawa Barat.

Museum ini sering dijadikan destinasi pendidikan bagi siswa SD, SMP, maupun SMA di Bandung dan daerah Jawa Barat. Hal ini disebabkan oleh nilai pendidikan yang berhubungan dengan pembuktian sejarah, kebudayaan, kesenian, dan teknologi di dalamnya sangat cocok bagi mereka. Selain melihat pameran kebudayaan, Anda juga dapat melihat berbagai diorama yang memperlihatkan kebiasaan dan adat yang berlangsung di Jawa Barat.

Jadi, selain dapat menikmati alam, kuliner, dan tempat belanja di Bandung, Anda dan keluarga juga bisa semakin berwawasan luas dengan mengunjungi museum-museum tersebut kan? Selamat menikmati liburan cerdas. (Sebandung)