Hari ini Bandara Husein Sastranegara Resmi Beroperasi



BANDUNG, - Manajemen Bandara Husein Sastranegara resmi mengoperasikan terminal baru untuk penerbangan domestik, Rabu 6 April 2016 pukul 00.00 WIB.

Sementara terminal lama saat ini tengah direnovasi. Selain itu, ada pula pengerjaan pembangunan terminal baru penerbangan internasional.

Untuk sementara, pelayanan penerbangan internasional dilakukan di terminal baru penerbangan domestik hingga sekitar enam bulan ke depan sampai pembangunan terminal baru penerbangan internasional rampung.

Hal itu disampaikan General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara, Dorman Manalu di Bandung, Selasa 5 April 2016.

"Terminal baru lebih luas dan memiliki daya tampung lebih besar 400 persen dibandingkan terminal lama, dilengkapi collecting conveyor, lift, escalator, cafetaria, gerai cenderamata, dan desain ruangan yang artistik. Ruang tunggunya memiliki 3 pintu sebagai akses menuju pesawat, lebih banyak dari ruang tunggu pada terminal lama, calon penumpang akan lebih leluasa. Kami berharap, adanya terminal baru membuat calon penumpang lebih nyaman," katanya menjelaskan.

Bandara Husein Sastranegara layaknya seperti pintu rumah Jawa Barat melalui jalur udara. Dengan fungsi dan keindahan yang semakin baik, tentu akan berkontribusi lebih baik pula terhadap Jawa Barat. Dorman berharap, semakin baiknya bandara dapat memberikan kontribusi positif terhadap arus jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, khususnya terhadap perkembangan pariwisata. Apalagi, dunia pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam perekonomian Jawa Barat.

"Saat ini kami tengah mengkaji sejumlah permintaan jadwal baru untuk penerbangan domestik dari sejumlah maskapai. Di sisi lain, kami juga berharap kepada sejumlah maskapai untuk membuka rute penerbangan internasional ke Thailand. Semua itu bertujuan meningkatkan jumlah penumpang tahun ini. Target kami tumbuh menjadi 2,5 juta penumpang, lebih tinggi dari jumlah tahun lalu yakni sebesar 2,1 juta penumpang," kata Dorman.

Ia menjelaskan, adanya rute Bandung-Thailand akan memiliki dampak positif terhadap kunjungan wisatawan internasional, khususnya dari Eropa. Selain itu, ia juga berharap rute baik yang baru diresmikan dan tengah dalam pengkajian akan meningkatkan jumlah penumpang yang melakukan penerbangan domestik.

Berdasarkan data yang ia paparkan, permintaan jadwal baru mayoritas merupakan penerbangan dari Bandung ke Surabaya, Denpasar, dan Medan.

Terminal baru juga diharapkan memberikan manfaat baru terhadap rutinitas tahunan masyarakat saat Lebaran. Pada masa angkutan Lebaran, biasanya jumlah penumpang naik sekitar 15 persen. Dengan siapnya terminal baru penerbangan domestik, kenyamanan para pemudik akan bertambah.

Dari sisi fasilitas dan luas, sudah lebih baik daripada terminal yang lama. Bandara Husein Sastranegara sudah siap dengan adanya penambahan penumpang pada masa angkutan Lebaran.

"Peningkatan penumpang ketika masa angkutan Leberan pada umumnya merata ke sejumlah daerah tapi yang paling tinggi biasanya Surabaya dan Medan. Adanya terminal baru menjadi andalan menghadapi masa angkutan Lebaran pada tahun ini" katanya.(Pikiran Rakyat)