Pemkot Bandung Akan Uji Coba Car Free Night



BANDUNG - Pemkot Bandung merencanakan uji coba kawasan Car Free Night (CFN) dan Car Free Day (CFD) di Jalan Asia Afrika pada pertengahan Mei mendatang. Kendaraan roda dua dan empat tidak boleh melintas ruas jalan tersebut selama 17 jam.

"CDF dan CFN diuji coba pada Sabtu 16 Mei 2015," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi usai rapat bersama instansi terkait membahas persiapan CFN dan CFD Jalan Asia Afrika di kantor Dishub Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Jumat (8/5/2015).

Ricky menjelaskan, masyarakat bisa datang sambil berjalan kaki menikmati suasana elok Jalan Asia Afrika yang kini bergaya mirip nuansa Eropa. Bertepatan kegiatan CFN dan CFD nanti, sambung dia, sepenggal ruas Jalan Asia Afrika ditutup selama 17 jam atau mulai pukul 18.00 WIB (Sabtu 16 Mei) hingga pukul 11.00 WIB ( Minggu 17 Mei).

"Kawasan CFN dan CFD itu mulainya dari Jalan Tamblong - Jalan Asia Afrika atau Hotel Preanger hingga Jalan Asia Afrika - Jalan Alun Alun Timur atau jembatan," tutur Ricky.

Antusiasme warga mengunjungi kawasan tersebut sangat tinggi pascaperingatan 60 tahun KAA. Wajar saja, karena Pemkot Bandung telah melakukan sejumlah perbaikan infrastruktur di sekitar Jalan Asia Afrika dengan konsep gaya art deco. Trotoar jalan diganti menggunakan granit dan beton berpola. Sepanjang jalan juga dihiasi dengan penerangan jalan umum (PJU) bergaya klasik seperti di Eropa.

Selain itu, ratusan bangku bergaya klasik dan pot bunga berukuran jumbo juga menambah indahnya estetika kota. Monumen Dasasila Bandung, Air Mancur Menari dan Monumen Globe Asia Afrika juga menjadi tempat favorit untuk berfoto.