Walau Misterius 3 Danau di Bandung ini Bikin Penasaran

Tahukah Anda bahwa ada danau-danau di Bandung yang memiliki kisah-kisah misterius? Penasaran? Mari kita cek danau misterius di Bandung itu!

1. Situ Patenggang




Danau Patenggang atau Situ Patenggang berada di ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut di kaki Gunung Patuha. Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang berada di balik hamparan kebun teh. Danau luas dan berair tenang ini memiliki batu cinta yang merupakan saksi persatuan kembali Ki Santang dan Dewi Rengganis setelah melewati ujian percintaan yang sulit.

Alamat

Patengan, Rancabali, Bandung

Akses

Dari Bandung dalam waktu dua jam melalui Jl. Tol Kopo atau Buah Batu lalu menuju ke arah selatan Bandung. Ikutilah petunjuk jalan menuju Ciwidey hingga Anda menemukan Situ Patenggang.

Fasilitas

Tempat parkir


2. Danau Bandung Purba



Letusan maha dahsyat Gunung Sunda telah membentuk kaldera, dan kaldera itulah yang kini dikenal dengan sebutan Danau Bandung Purba yang dikelilingi oleh Gunung Tangkuban Perahu. Danau Bandung Purba di kawasan Citarum ini menyimpan kisah cinta Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Alamat

Gunung Tangkuban Perahu, Cimahi

Akses

Anda bisa melalui Stasiun Bandung, dari sana naik angkutan menuju jurusan Lembang—Maribaya—Tangkuban Perahu.

Fasilitas

Tempat parkir



3. Situ Lembang



Situ Lembang merupakan danau buatan yang sudah ada sejak jaman ekspansi Pemerintah Belanda di tanah air. Air Situ Lembang berasal dari hulu Sungai Cimahi. Fungsi dari Situ Lembang ini cukup beragam, masyarakat sekitar menjadikannya sebagai lokasi memancing, sementara elit militer menggunakan kawasan Situ Lembang sebagai sarana latihan. Konon, Danau Situ Lembang merupakan bentukan dari letusan dahsyat yang terjadi sekitar 105.000 tahun yang lalu. Jadi, cerita mana yang benar perihal bentukan Situ lembang? Dibuat oleh Pemerintah Belanda atau dari letusan gunung berapi?

Alamat

Kawasan Desa Kertawangi, Bandung Barat.

Akses

Melalui Cimahi atau Cihideung menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas

Tempat parkir, jalan setapak


Meski terkesan misterius, objek-objek wisata di atas cocok untuk dikunjungi bersama keluarga lho!. (Panduanwisata.Id)