Tempat- Tempat Berburu Buku di Bandung


Meskipun bukan kota pelajar seperti halnya, Jogjakarta, Bandung tetap menjadi salah satu kota yang banyak dituju untuk menuntut ilmu. Bukan menjadi rahasia, jika di kota yang berjuluk kota kembang ini memiliki banyak universitas atau perguruan tinggi yang menjadi tujuan pelajar hampir di seluruh Indonesia. Sebut saja, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia.

Ada juga UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), UNPAD, dan masih banyak lagi. Melihat begitu banyaknya universitas atau perguruan di kota kembang, tentu tenpat-tempat untuk menunjang semua kegiatan menuntut ilmu pun tidak kalah banyaknya, termasuk tempat berburu buku di Bandung.

1. Palasari


Bagi warga Bandung, Palasari merupakan tempat yang bisa menjadi tujuan utama untuk mendapatkan buku berkualitas dan murah. Di tempat ini, pengunjung bisa mendapatkan buku berkualitas, bahkan menyediakan buku langka sekalipun.

Palasari sendiri merupakan komplek pasar yang menjual berbagai macam buku-buku, baik import maupun lokal. Terletak di Jalan. Palasari Bandung, pasar buku ini terdiri atas banyak toko-toko buku atau kios-kios yang tentunya menyediakan buku-buku. Ada banyak toko atau kios buku disana yang banyak menawarkan buku-buku berkualitas dan juga murah. Salah satu kios atau toko buku yang terkenal di Palasari tersebut adalah BBC (Bandung Book Center).

2. Gramedia Jl. Merdeka


Siapa yang tidak kenal dengan toko buku besar di Indonesia ini? Gramedia merupakan penerbit sekaligus penjual buku-buku yang berkualitas yang banyak digunakan. Banyak toko-toko cabang Gramedia yang tersebar di Indonesia, salah satunya di Gramedia Jl. Merdeka Bandung. Gramedia Jl. Merdeka Bandung merupakan salah satu tempat berburu buku di Bandung yang banyak dituju oleh pengunjung, baik local maupun asing.


Berlokasi di Jl. Merdeka No.43, Sumur Bandung, toko cabang ini tidak pernah sepi pengunjung. Lokasinya yang dekat dengan beberapa universitas, seperti Unisba, Kampus ITB Dago, dan lainnya membuat Gramedia selalu ramai pengunjung.

3. Toga Mas



Toga Mas merupakan sebuah toko buku yang menawarkan harga diskon pada seluruh buku-buku yang ada di gerainya. Toko buku yang satu ini merupakan toko buku yang berpusat di Malang dan didirikan oleh pasangan suami istri. Ketika pertama kali didirikan, toko buku ini hanya menjual 1000 produk buku dan memanfaatkan ruang tamu rumah pribadinya sebagai gerai. Dengan mengusung konsep discount store, toko buku ini pun terus berkembang pesat hingga membuka cabang-cabang di kota-kota seputar Jawa-Bali.

Di Bandung sendiri, Toga Mas menjadi tempat berburu buku yang tidak pernah terlewatkan. Ada dua gerai Toga Mas yang bisa dikunjungi di kota kembang ini, di antaranya

Jalan. Supratman No. 45, Bandung. Telp. (022) 7206443
Jalan. Buah Batu No. 178, Bandung. Telp. (022) 7304067
Di toko buku ini, pengunjung tidak hanya disuguhkan buku-buku terbaru dengan harga yang murah. Pengunjung juga bisa menemukan buku-buku yang berkualitas yang tidak dijual di toko buku manapun.

4. Rumah Buku


Sama halnya dengan Toga Mas, Rumah Buku juga menyediakan berbagai macam buku dengan harga yang sangat murah. Konsep yang dipilih pun hampir sama dengan Toga Mas, yaitu menjual berbagai macam buku dengan harga diskonan, yang tentunya sangat murah. Terletak di Jl. Supratman No. 96 Bandung. Telp. (022) 7233257, tempat berburu buku yang satu ini berdekatan dengan Toga Mas, sehingga tidak sulit menemukannya.

5. Toko Buku Karisma


Toko Buku Karisma merupakan salah satu toko buku tua di Bandung. Toko buku yang terletak di Bandung Trade Center (BTC) Lt 1 LGF – G2, Jl. Dr Junjunan No. 143-149, Pasteur Bandung ini menjadi toko buku yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Banyak buku-buku yang dijual disini. Tidak hanya buku-buku terbaru yang diterbitkan oleh penerbit terkemuka, toko buku ini juga menerbitkan buku-buku yang terbilang “aneh” yang berbeda dari buku-buku yang dijual di toko buku lainnya.

6. BBC (Bandung Book Center)



Toko buku yang terletak di Jln. PHH Musthopa No. 7 (Jl. Suci), Sebelah Giant dan ITENAS Bandung, ini merupakan cabang dari toko buku BBC yang ada di Pasar Palasari. Sama halnya dengan toko buku lain, toko buku BBC menyediakan buku-buku komplit serta murah yang bisa dipilih oleh pengunjung.


Kebanyakan dari buku-buku di BBC ini tidak sama dengan buku-buku yang dijual di gerai buku atau book store lainnya, sehingga pengunjung tidak akan menyesal mencari buku disini. Di tempat berburu buku di Bandung ini, pengunjung juga dapat menyampul bukunya secara gratis jika harga buku yang dibeli lebih dari Rp. 20.000,-. Selain buku, di BBC juga tersedia alat-alat tulis dan perkantoran.


7. Lawang Buku



Satu lagi toko buku yang berbeda dengan toko buku lainnnya. Toko buku yang bernama Lawang Buku ini menyediakan berbagai koleksi buku yang kebanyakan buku-buku lama atau lawas. Tidak hanya itu, toko yang bisa disebut sebagai gerai buku ini juga dapat memenuhi keinginan pengunjung yang memesan buku langka ke gerainya. Bagi pengunjung yang ingin melihat dan memesan langsung buku lawas, bisa langsung datang ke gerainya di Jalan Taman Sari, Balubur Town Square, lt. 2 Bandung.

8. Toko Buku di Jl. Gelap Nyawang


Jika Anda mencari buku-buku Islami, coba datang ke Jl. Gelap Nyawang Bandung. Disana terdapat beberapa gerai toko buku yang kebanyakan menjual buku-buku keagamaan, khususnya buku-buku Islam. Harga yang ditawarkan pun cukup murah. Jika Anda sering berkunjung ke Mesjid Salma ITB, toko-toko buku ini berjarak tidak terlalu jauh dari mesjid tersebut

9. Toko Buku Elvira



Toko buku ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No.10, Bandung. Kebanyakan buku-buku yang dijual disini adalah textbook kuliahan yang banyak dicari oleh para mahasiswa. Untuk buku-buku umum, toko buku ini tidak terlalu lengkap. Namun, untuk pecinta buku, toko buku yang satu ini tetap menjadi toko buku yang tidak bisa dilewatkan.


Itulah beberapa referensi tempat berburu buku di Bandung yang dapat Anda kunjungi, semoga bermanfaat.

Sumber