Ridwan Kamil : Kembalikan Keindahan Kota Tua Butuh Dana Rp. 1 Triliun


BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ingin mengembalikan Kota Bandung pada suasana Bandung tempo dulu dengan julukan Bandung Paris van Java.

Untuk itu, ia mencoba memanfaatkan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) dengan cara membenahi Kota Bandung yang di antaranya menerapkan setiap pembangunan di Jalan Asia Afrika harus memakai konsep artdeco seperti jaman kolonial.

"Saya terinspirasi mengembalikan Paris van Java, seperti kota-kota di Eropa," ujar Emil panggilan Ridwan Kamil saat ditemui di Jalan Braga, Kota Bandung, Sabtu (11/4/2015).

Menurut Emil, trotoar sepanjang Jalan Asia Afrika sengaja menggunakan granit agar terlihat cantik ditambah bunga-bunga, lampu jalan ukiran antik, hingga kursi besi bergaya kuno itulah suasana Paris van Java yang dulu pernah melekat.

"Paris van Java, lampunya jadul, pedestrian lebar, ada bunga, ada tempat duduk terbuat dari besi suasana nyaman banyak bangunan artdeco," ujar Emil.

Untuk semua itu ia mengaku sudah mendasain kawasan Asia Afrika bekerjasama dengan kalangan arsitek asli Kota Bandung.

"Tapi untuk mengembalikan keindahan kota tua di Bandung ternyata tidak bisa cepat. Butuh waktu sampai 15 tahun karena butuh dana sampai Rp 1 triliun," jelasnya. (Tribun)