Ratusan Buruh Bandung akan Kepung Jakarta Hari Ini



BANDUNG - Lebih dari 300 buruh asal Bandung akan bergabung dengan 12 ribu buruh se-Indonesia di Jakarta pada Jumat, 1 Mei 2015. Mereka akan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka guna menuntut kenaikan upah, peningkatan kesejahteraan, dan menolak ketidakstabilan harga BBM.

"Kami menuntut kesejahteraan. Bagaimana upah buruh bisa mencukupi hidup jika BBM naik turun terus dan mengganggu harga-harga kebutuhan pokok lainnya," ujar Arif Minardi, salah satu koordinator dari Serikat Pekerja FKK PT, Kamis, 30 April 2015

Berbeda dari tahun sebelumnya, unjuk rasa tahun ini akan diberi sentuhan seni dari para penggiat seni dan masyarakat yang turut bergabung. "Kalau tahun lalu kita unjuk rasa itu hanya orasi saja. Tapi kali ini akan ada sentuhan seni dari pegiat seni yang akan ikut menyerukan aspirasi kami. Dengan adanya sentuhan lembut seni diharapkan aspirasi akan tersampaikan," ujar Arif

Sebanyak 300 lebih buruh dan seniman akan berangkat pada Kamis malam nanti menggunakan beberapa mobil dan bus yang telah disewa oleh para buruh. Kendaraan tersebut adalah hasil patungan dari para buruh demi menyampaikan aspirasi mereka.

Sebanyak 12 ribu buruh akan memadati jalanan di depan Istana Merdeka Jakarta untuk berunjuk rasa di Hari Buruh pada 1 Mei. Tidak hanya dari Pulau Jawa, buruh yang akan datang untuk menuangkan aspirasinya adalah buruh dari seluruh Indonesia.