Coba Wisata Kuda Paku Haji ala Koboi



BANDUNG - Anda pernah melihat asiknya berkuda yang dilakukan para koboi dalam film-film Amerika? Kini, pengalaman menunggang kuda ala koboi bisa Anda rasakan langsung. Dimana? Di Wisata Kuda Paku Haji tempatnya.

Wisata kuda Paku Haji berlokasi  di Jalan Haji Ghofur, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Dari jalan raya Cimere, utama yang menghubungkan kota Bandung dengan kota-kota lain di sebelah barat, dibutuhkan sekitar 4 kilometer untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Sebaiknya Anda menggunakan armada pribadi atau mobil sewa harian. Sebab, belum ada angkutan umum yang menyediakan tumpangan ke sana.

Sebelum mendapatkan sensasi asiknya berkuda di Paku Haji, Anda perlu menempuh perjalanan yang menguras adrenalin. Bukan apa-apa, akses menuju Paku Haji lumayan rumit. Penuh tanjakan dan turunan yang cukup curam, serta jalan yang berlubang-lubang. Mungkin karena tempatnya sedikit terpencil, kondisi jalan lambat diperhatikan Pemerintah.

Sesampainya di sana, lelah selama di perjalanan akan terbayar. Anda akan melihat hamparan seluas 10 hektar yang ditumbuhi banyak pepohonan. Sehingga bukan asiknya berkuda saja yang bisa didapat, tapi juga kesejukan alam yang begitu alami.

Sebagaimana umumnya tempat wisata outdoor, Paku Haji tidak hanya menyediakan fasilitas berkuda. Namun, permainan-permainan menantang seperti Flying Fox, ATV, Halang Rintang, dan Kincir. Semuanya hanya bermodal 10 ribu rupiah per tiap permainan.

Jika membawa anak-anak, Anda juga bisa mengajak mereka berenang di kolam renang yang disediakan pengelola. Masih belum puas? Anda dapat melihat-lihat ke kebun binatangnya. Di sana, sebagian besar satwa diisi dengan burung dan kera. Jadi, jangan heran jika tempat ini diramaikan dengan kemeriahan kicau burung dan suara kera. (Sebandung)