Mimpi Besar Ridwan Kami Miliki Kereta Super Cepat


BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali mewacakan program prestisius. Sebelumnya, Emil sapaan akrabnya mewacanakan akan membangun monorail akan hadirnya sarana transportasi publik berupa kereta cepat Jakarta-Bandung.

Hal itu diungkapkan Emil saat membuka real mobile 4G LTE di Bandung pada Jumat (20/3/2015). Emil mengaku dirinya baru pulang dari Jakarta usai menerima penghargaan sebagai Kota Inovasi Lingkungan Hidup dan Bandung Kota Paling Siap Dengan IT.

"Saya baru ketemu dengan Menteri BUMN dan beliau mendukung adanya transportasi kereta cepat dari Jakarta ke Bandung. Nantinya, jarak tempuh Jakarta ke Bandung bisa 30 menit," katanya.

Dia menjelaskan, pemberangkatan kereta cepat dari Jakarta itu rencananya akan dipusatkan di Stasiun Cawang. Sedangkan di Bandungnya di Gede Bage. Dengan demikian, Bandung dan Jakarta menjadi satu koridor.

Apa yang disampaikan pria lulusan ITB ini memang terbilang 'mimpi' disaat proyek pembangunan prestisius lainnya belum sempat terealisasi. Emil kembali menggulirkan proyek baru.

Tak hanya itu, proyek kereta cepat Sinkansen pun sebelumnya sempat diwacanakan oleh pemerintah pusat, tapi akhirnya batal digelar dengan alasan minimnya dana dan skala prioritas.

Pemerintah lebih memilih menunda proyek kereta cepat karena memandang pembangunan rel kereta api di trans Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua lebih mendesak. Patut ditunggu, sejauhmana pernyataan pria berkacamata ini bisa 'membumi'. (Bisnis)