Aturan Copot Alas Kaki di Alun-Alun Hanya Untuk Rakyat Jelata


BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengajak Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan dan sejumlah menteri Kabinet Kerja menyambangi Alun-Alun Bandung. Ruang publik di depan Masjid Raya Jabar ini berciri khas hamparan rumput sintetis. Tanpa melepas alas kaki, mereka berjalan menuju arah masjid. Aturan selama ini, alas kaki harus dilepas saat menginjak rumput sintetis.

Emil berjalan di barisan depan bersama Luhut, serta beberapa menteri antara lain Menlu Retno Marsudi, Mendag Rachmat Gobel, dan Mensesneg Pratikno. Rombongan unsur Muspida Jabar dan Kota Bandung ikut membuntuti. "Enggak apa-apa. Enggak usah dilepas (alas kaki)," ucap Emil yang memakai sandal.

Pemandangan lain nampak jelas sndal dan sepatu warga berada di luar rumput buatan itu. Beberapa orang dalam rombongan sempat bertanya. "Enggak apa-apa ini (dinjak pakai alas kaki)," ucapnya.

Mereka menuju halaman Masjid Agung. Masjid ini pada Jumat 24 April 2015 mendatang disiapkan untuk salat Jumat bagi sejumlah kepala negara dan tamu yang ikut peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Seperti yang diberitakan Detik.

Sebelum ke Alun-Alun Bandung dan Masjid Agung, rombongan tersebut meninjau persiapan Hotel Homann yang dijadikan tempat menginap tamu negara dan Gedung Merdeka sebagai lokasi peringatan 60 tahun KAA.