Ternyata Batu Akik Bisa Dibuatkan Sertifikatnya


BANDUNG - Tren batu akik hingga bulan kedua di tahun 2015 ini masih berlanjut. Bukan hanya kalangan menengah ke bawah saja yang menyukai batu akik ini, tapi juga kalangan atas. Melihat fenomena ini, salah satu cabang PT Pegadaian (Persero) di Jakarta telah mengeluarkan sertifikat khusus batu akik.

‎Alim Sutiono, Pemimpin Wilayah Kanwil X Bandung PT Pegadaian Persero mengatakan, batu akik awalnya diminati secara subjektif oleh mereka yang masih percaya ada "kekuatan mistik" dari batu tersebut. Namun seiring waktu, batu akik sudah menjadi salah satu pelengkap fesyen karena dijadikan cincin atau kalung yang terbuat dari emas atau perak.

"‎Saat ini semua pakai, bahkan pembesar juga pakai, jadi batu akik ini semakin trend," kata Alim ditemui usai acara Sosialisasi Kerjasama PT Pegadaian (Persero) dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Hotel Horison, Kamis (12/2).

‎Melihat trend tersebut, salah satu kantor cabang Pegadaian di Jakarta, Pegadaian Gemologi mengeluarkan sertifikat untuk batu akik. Pemilik batu akik bisa mengecek batu miliknya untuk diketahui keaslian dari batu tersebut.

Hal ini dilatarbelakangi juga banyaknya orang yang menawarkan batu akik dengan harga tinggi, sementara banyak konsumen yang awam dengan batu tersebut.

"Sebelum dikeluarkan sertifikat, dilihat dulu keaslian batu tersebut, semisal kekuatan batu, umur batu, itu bisa dilihat. Setelah itu baru dikeluarkan sertifikat," katanya. (Sumber)