Mengintip Komunitas Kreatif di Tobucil N Klabs


Tobucil merupakan sebuah toko buku yang terkenal, terutama di kalangan mahasiswa. Toko buku yang didirikan pada tahun 2001 ini menjadi alternatif berburu buku di Bandung. Toko ini menyediakan berbagai buku ilmu pengetahuan dan seni. Tidak hanya berjualan buku, Tobucil juga menyediakan berbagai kegiatan kreatif. Berbagai komunitas kreatif muncul di tempat ini, seperti Klab Filsafat, Klab Menulis, hingga Klab Merajut. Jadi kita tidak akan merasa aneh menjumpai banyak lelaki yang memegang jarung jahit dan benang wol pada sore hari di pelataran Tobucil.

Mengintip Komunitas Kreatif di Tobucil N Klabs

Toko yang menjadi tempat komunitas kreatif ini terletak di Jalan Aceh, Bandung. Selain buku, toko ini juga menjual berbagai koleksi DVD dan kerajinan tangan. Kita bisa mengunjungi toko ini sambil bergabung dalam kegiatan yang ada. Tobucil sering mengadakan berbagai kegiatan dan workshop seperti pemutaran film, origami, merajut, atau penulisan skrenario.Klab-klab merajut, origami, dan menulis juga diadakan setiap saat dengan kelas-kelas tertentu. Dengan banyaknya kegiatan ini, maka banyak orang yang masuk ke dalam komunitas Tobucil N Klabs. Kita tidak perlu mengikuti semua klab itu untuk menjadi bagian komunitas Tobucil.

Jika ingin bergabung dengan komunitas kreatif atau klab yang ada maka kita bisa bergabung dengan cuma-cuma. Kita bisa mengikuti kelas yang diadakan Tobucil dengan biaya tertentu. Tobucil menjadi ramai karena merupakan tempat berkumpulnya berbagai orang kompeten di Bandung seperti jurnalis, aktivis, pembuat film, atau pengajar. Tobucil juga sering mengadakan kegiatan di berbagai kota di luar Bandung.

Pada bulan tertentu, Tobucil mengadakan bazaar yang disebut dengan “Craft Day”. Bazaar ini menjual berbagai barang-barang dan kerajinan yang mereka produksi. Beberapa barang yang dijual antara lain kaos, kemeja, sweater, aksesoris, tas, bros, dan syal. Kegiatan ini biasanya diadakan pada akhir pekan. Selama kegiatan dari komunitas kreatif ini berlangsung, biasanya diadakan juga workshop gratis dan ditutup dengan sajian musik pada sore hari.

Tobucil merupakan salah satu kumpulan komunitas kreatif di Kota Bandung. Komunitas ini menyediakan berbagai barang dan kegiatan alternatif sebagai penyegar di tengah padatnya suasana kota. Kita bisa ikut dalam berbagai klab dan kelas dan belajar ilmu di dalamnya atau hanya sekedar berbelanja. Tobucil juga menyediakan berbagai bahan untuk membuat kerajinan seperti kayu-kayu atau benang rajut. Hal ini membuat anggota komunitas semakin merasa dekat dengan Tobucil dan betah berasa di sana.